Jenis Konseling Lainnya

  1. Bukti
    Fitur membedakan CBT yang paling penting adalah bukti yang mendukungnya. National Institute of Clinical Excellence (NICE – badan pemerintah yang bertanggung jawab untuk memberikan panduan perawatan kesehatan nasional mengenai promosi kesehatan yang baik dan pencegahan dan perawatan kesehatan yang buruk) merekomendasikannya sebagai pengobatan pilihan untuk berbagai masalah kesehatan mental termasuk Kecemasan , Depresi, Gangguan Kompulsif Obsesif, Gangguan Stres Pascatrauma dan Gangguan Makan. Efek CBT telah terbukti berkali-kali dalam uji kontrol acak (cara paling ketat Psikologi Anak untuk menentukan apakah ada hubungan sebab-akibat antara pengobatan dan hasil) dan banyak penelitian yang dipublikasikan yang mendukung kemanjurannya (misalnya Cochrane Review – sebuah kelompok lebih dari 10, 000 relawan di lebih dari 90 negara yang meninjau efek intervensi perawatan kesehatan yang diuji dalam uji coba terkontrol secara acak biomedis). CBT adalah satu-satunya pendekatan psikoterapi dengan basis bukti kuat di berbagai masalah kesehatan mental.
  2. Perawatan Jangka Pendek.
    CBT sering disajikan sebagai ‘pengobatan jangka pendek’ dan meskipun dibandingkan dengan jenis lain ‘terapi berbicara’ tentu saja waktunya terbatas, penting untuk menghilangkan mitos bahwa ia menawarkan perbaikan cepat. CBT digunakan untuk mengobati masalah yang mengganggu kemampuan seseorang untuk berfungsi dalam satu atau lebih bidang kehidupan mereka. Masalah-masalah ini nyata, signifikan, dan sering berlangsung lama sehingga perlu dipastikan bahwa untuk menyelesaikan masalah seperti itu dibutuhkan sejumlah waktu dan energi. Masalah yang cepat dan mudah diatasi tidak membutuhkan terapi dari profesional yang sangat terlatih. Jumlah sesi CBT yang dibutuhkan seseorang tergantung pada keparahan dan kronisitas gejala tetapi minimum rata-rata adalah antara 15-20 sesi. Banyak program psikoterapi lainnya (mis psikoterapi psikodinamik) dapat berlanjut selama bertahun-tahun. Fitur-fitur Jasa Konseling yang memungkinkan CBT menjadi pengobatan ‘jangka pendek’ juga penting dalam membedakannya dari pendekatan psikoterapi lainnya.

2.1 Masalah Berfokus Dan Berorientasi Tujuan
CBT berfokus pada penyelesaian masalah khusus. Selama penilaian awal (1-3 sesi pertama), terapis akan mengembangkan Formulasi Masalah yang akan memungkinkan terapis dan pasien untuk memahami bagaimana masalah telah berkembang dan mengapa (sampai saat ini) belum diselesaikan. Formulasi ini kemudian digunakan untuk memandu pengobatan menuju tujuan spesifik (diidentifikasi secara kolaboratif oleh terapis dan pasien) yang ketika tercapai akan menandakan resolusi dari masalah yang muncul. Selama perawatan, formulasi masalah awal akan ditinjau dan diperbarui untuk memasukkan informasi tambahan yang mungkin muncul dan pengobatan ditinjau secara berkala untuk memastikan bahwa kemajuan menuju tujuan akhir sedang dibuat.

2.2 Menjadi Terapis Anda Sendiri
Tujuan akhir CBTbagi pasien untuk menjadi terapis mereka sendiri. Dalam beberapa jenis konseling, terapis ditetapkan sebagai ‘ahli’ yang memberikan pengetahuan tentang sifat yang tampaknya tidak dapat diakses yang dapat membuat pasien merasa tergantung pada terapis dan dapat merusak kepercayaan diri mereka dalam kapasitas mereka sendiri untuk menyelesaikan masalah. Dalam terapi CBT dan pasien bekerja bersama sehingga pasien dapat mempelajari seperangkat keterampilan (praktis dan psikologis) yang dapat diintegrasikan dengan pengetahuan mereka yang ada sehingga mereka pada akhirnya dapat secara mandiri menyelesaikan tidak hanya masalah saat ini tetapi mengatasi masalah di masa depan tanpa butuhkan untuk konseling tambahan. Ini berarti bahwa biasanya hanya satu perawatan saja yang diperlukan sehingga mengurangi kemungkinan bahwa input ‘jangka panjang’ akan diperlukan. Analogi berikut menggambarkan tujuan ini:

“Sebuah tiram menciptakan mutiara dari sebutir pasir. Butir pasir itu mengiritasi tiram. Menanggapi ketidaknyamanan, tiram menciptakan lapisan pelindung halus yang membungkus pasir dan memberikan pertolongan. Hasilnya adalah indah mutiara.

Untuk tiram, iritasi menjadi benih untuk sesuatu yang baru. Demikian pula (Konseling CBT) dapat membantu Anda mengembangkan sesuatu yang berharga dari ketidaknyamanan Anda saat ini. Keterampilan yang diajarkan … akan membantu Anda merasa lebih baik dan akan terus memiliki nilai dalam hidup Anda lama setelah masalah awal Anda hilang “. Greenberger & Padesky 1995

2.3 Terapi ‘Di Sini dan Sekarang’
CBT sering digambarkan sebagai terapi ‘Di Sini dan Sekarang’ namun penting untuk menjadi jelas tentang apa artinya ini karena istilah ini sering disalahpahami dan digunakan untuk menyatakan bahwa CBT tidak cocok untuk menyelesaikan masalah yang kompleks. Pada fase awal CBT fokusnya adalah pada meringankan gejala-gejala yang dialami pasien saat ini (mis. Serangan panik, suasana hati rendah) dengan mengatasi faktor-faktor yang mempertahankannya. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk memberikan pertolongan kepada pasien tetapi jika perlu (yaitu untuk masalah berat / lama) untuk melepaskan beberapa kapasitas bagi pasien untuk fokus dalam mengeksplorasi dan menyelesaikan faktor-faktor yang telah berkontribusi pada masalah yang berkembang di tempat pertama. Dalam fase kedua pengobatan ini (sering dianggap sebagai domain dari pendekatan psikoterapi jangka panjang) versi CBT yang diperluas (tetapi kurang dipopulerkan) digunakan (Skema Fokus CBT) yang telah dikembangkan secara khusus untuk memastikan bahwa perbaikan ‘di sini dan sekarang’ dikonsolidasikan dan untuk melindungi dari kekambuhan di masa depan. Meskipun fase kedua ini memperpanjang masa pengobatan, karena ia terus memanfaatkan fitur yang diuraikan di atas, ia mewakili cara yang jauh lebih efisien waktu untuk menyelesaikan masalah yang sudah ada sejak lama daripada jenis konseling lain yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>