Cara Merawat Motor dan ATV Anda Untuk Performa Optimal

Cara Merawat Motor / ATV Anda Untuk Performa Optimal

Cara Merawat Motor / ATV Anda Untuk Performa Optimal

Perawatan sepeda motor / ATV tidak hanya merupakan bagian penting dari memiliki sepeda, itu dapat membuat perbedaan antara berkendara yang aman dan masuk ke situasi berbahaya atau kecelakaan. Sementara sepeda modern membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada sebelumnya, mereka masih membutuhkan lebih banyak perhatian daripada mobil. Baca terus untuk mengetahui cara merawat sepeda motor atau ATV Anda untuk kinerja optimal.

Ada banyak hal berbeda yang harus Anda periksa pada sepeda Anda secara teratur – begitu banyak pada kenyataannya, sehingga Anda dapat menemukan diri Anda menghabiskan seluruh waktu Anda melakukan perawatan dan tidak menghabiskan waktu berkendara. Jadi, meskipun penting untuk memeriksa semua bagian pada sepeda Anda, berikut adalah hal-hal paling penting untuk diperiksa secara teratur.

Cara Merawat Motor dan ATV Anda Untuk Performa Optimal

Ban

Pastikan selalu ban ATV atau sepeda motor Anda mengembang dengan baik. Over-inflasi atau under-inflasi dapat menyebabkan ledakan – yang cukup berbahaya pada sepeda seperti yang mungkin Anda ketahui. Memeriksa ban Anda hanya membutuhkan beberapa menit – begitu sedikit waktu sehingga Anda dapat melakukannya setiap kali Anda mengisi bensin.

Rem

Sepeda motor dan ATV umumnya memiliki dua reservoir minyak rem – satu di depan dan satu di belakang; kedua reservoir minyak rem harus diperiksa secara teratur dan diakhiri sesuai kebutuhan. Oli rem cenderung menyerap kelembaban dari waktu ke waktu dan menjadi kurang efektif, jadi hanya gunakan minyak rem dari botol baru yang tertutup rapat setiap kali Anda mengisi ulang reservoir. Selain itu, Anda harus secara teratur memeriksa ketebalan bantalan rem dan menggantinya sesegera mungkin. Jika Anda membiarkan bantalan rem langsung turun ke logam, cakram rem Anda akan rusak yang mengakibatkan penggantian suku cadang ATV atau suku cadang sepeda motor yang tidak perlu dan mahal.

Bahan bakar

Kita semua tahu bahwa Anda membutuhkan bensin untuk membuat sepeda Anda berjalan, tetapi filter bahan bakar dan saluran bahan bakar sering diabaikan sebagai bentuk perawatan pencegahan pada ATV atau sepeda motor. Jika Anda memiliki filter bahan bakar, pastikan tidak tersumbat dan terlihat bersih; filter bahan bakar harus diganti setiap dua tahun. Periksa saluran bahan bakar Anda secara teratur apakah ada kerusakan atau kerusakan akibat cuaca dan ganti sesuai kebutuhan. Jika Anda memarkir sepeda untuk waktu yang lama, ingatlah untuk memutar keran bahan bakar ke posisi mati untuk mencegah bahan bakar bocor dan membanjiri mesin.

Oli

Penggantian oli dan filter secara teratur akan membuat sepeda Anda tetap bekerja pada kinerja optimal. Level oli Anda harus dijaga pada level tinggi atau maksimum, dan filter oli Anda harus diganti dengan penggantian oli lainnya. Umumnya Anda harus mengganti oli Anda setiap 3.000 mil atau setiap 3 bulan. Temperatur tinggi, kecepatan, waktu, lalu lintas padat, perjalanan singkat dan debu dapat dengan cepat merusak kualitas oli Anda, jadi jika Anda naik dalam kondisi ini ganti oli Anda lebih sering.

Aki

Meskipun aki adalah penyebab kerusakan yang sangat umum, aki bisa menjadi canggung, dan sayangnya tidak sering diperiksa. Namun, aki sepeda Anda hanya membutuhkan sedikit perawatan bulanan agar dapat bekerja dengan sempurna. Selalu menjaga aki terisi hingga 100%; isi ulang aki ketika lampu tampak redup, starter terdengar lemah, atau aki belum digunakan dalam lebih dari dua minggu.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>