3 Pentingnya Strategi Penjualan Digital Yang Berhasil

Penjualan digital dan sosial dengan cepat menjadi norma bagi banyak konsumen di seluruh dunia. Dengan masuknya individu yang melakukan pembelian secara online, sangat penting bahwa merek dan penyedia layanan dilengkapi dengan strategi digital yang memungkinkan mereka untuk menjual produk secara online dengan mudah.

Namun, pemasar digital sadar bahwa proses pembelian online dimulai jauh sebelum calon pelanggan berubah menjadi pelanggan. Penjangkauan sosial dipasangkan dengan konten berkualitas tinggi dan branding yang dapat dipercaya sangat penting bagi perusahaan yang ingin membuatnya di dunia online kami. Menurut Retailing Today, 81% konsumen melakukan beberapa jenis riset online sebelum melakukan pembelian besar apa pun.

Mengapa Anda Membutuhkan Strategi Penjualan Digital

Pada tahun 2018, jumlah total pengguna internet melampaui angka 4 miliar orang, seperti yang ditemukan dalam laporan yang diselesaikan oleh Hootsuite dan We Are Social. Bagi kebanyakan dari kita, smartphone atau tablet kita hampir selalu dalam jangkauan. Baik saat berada di bus dalam perjalanan ke kantor atau memiliki hari Minggu yang malas di rumah, kami berada dalam koneksi yang hampir konstan ke internet, dan pada gilirannya, produk dan layanan yang tersedia untuk kami. Selama bertahun-tahun, semakin banyak perusahaan telah mengambil keuntungan dari masyarakat yang terhubung ini dengan menginvestasikan waktu dan uang dalam strategi penjualan digital mereka.

Dengan 67% dari perjalanan pembeli berlangsung secara online, masuk akal jika bisnis berkembang sesuai dengan itu. Lewat sudah hari-hari hanya strategi pemasaran offline. Untuk menjadi sukses di pasar saat ini, perusahaan harus membuat proses penjualan yang selaras dengan kebutuhan konsumen online. Namun, kunci untuk mengembangkan strategi penjualan digital terbaik di kelasnya tidak hanya melibatkan kehadiran online, tetapi merek digital menyeluruh yang terhubung dengan konsumen sasaran dengan cara yang bermakna.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menjual produk secara online dan meningkatkan strategi penjualan digital Anda, Anda harus terlebih dahulu mengenali hal-hal penting yang membuat penjualan digital dan sosial berhasil. Sebelum Anda memulai brainstorming dan mengembangkan strategi digital Anda berikutnya, kembangkan pemahaman yang jelas tentang tiga elemen penting dari upaya yang menguntungkan dan bermakna ini:

1. Optimalkan Saluran Penjualan Online Anda

Corong penjualan online adalah istilah yang digunakan oleh penjual dan pemasar digital yang menggambarkan perjalanan konsumen dari pengenalan awal ke merek sampai ke titik pembelian. Memahami saluran penjualan online merek Anda adalah bagian utama dari strategi penjualan digital yang sukses, karena akan memberikan wawasan yang menunjukkan bagaimana proses pengambilan keputusan pelanggan ideal Anda.

Memindahkan prospek melalui corong penjualan Anda melibatkan beberapa langkah: melibatkan prospek, mengubah menjadi pelanggan, menyelesaikan penjualan, dan menghasilkan pelanggan tetap yang setia. Untuk tujuan penjualan digital, corong penjualan optimal akan dapat terlibat dengan pelanggan di bagian atas corong penjualan online dan menjaga mereka tetap terhubung secara aktif dengan suatu merek sampai mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.

Ahli strategi penjualan digital yang baik akan dapat menjaga perhatian calon pelanggan melalui saluran penjualan, sementara ahli strategi penjualan digital yang hebat akan membuat mereka tetap selaras dengan merek dengan cara yang terasa alami.

2. Buat Konten yang Membentang Corong Penjualan Online

Ketika datang untuk mengembangkan strategi penjualan digital yang sukses untuk layanan atau produk Anda, konten dapat membuat atau menghancurkan usaha Anda. Konsumen modern tidak mencari konten seperti penjualan yang kejam yang hanya menyatakan fitur produk atau layanan Anda. Sebaliknya, mereka mencari informasi yang dapat ditindaklanjuti tentang bagaimana merek Anda dapat membantu memperbaiki gaya hidup mereka dalam beberapa kapasitas. Konten berkualitas tinggi menceritakan kisah merek Anda dan melukiskan gambaran tentang bagaimana prospek dapat berhubungan dengan citra merek Anda.

Ketika itu dilakukan dengan baik, konten digital membuat prospek tetap terlibat di seluruh saluran penjualan online; dari kesadaran pertama untuk membangun pelanggan tetap setia. Konten yang paling berharga untuk mengarah adalah konten yang menyediakan langkah yang dapat ditindaklanjuti dan menyelesaikan masalah yang mungkin mereka alami. Konten edukasi memposisikan Anda dan merek Anda sebagai pemimpin yang berpikir dalam industri Anda dan menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam membantu pelanggan Anda melakukan dan menjadi lebih baik. Ada beberapa jenis konten bernilai tinggi yang dapat dikembangkan sebagai bagian dari strategi penjualan digital, termasuk:

Blog: Ketika HubSpot bertanya kepada pemasar apa prioritas pemasaran inbound utama mereka untuk strategi penjualan digital mereka, 53% pemasar melaporkan pembuatan konten blog sebagai pilihan utama mereka. Mengapa? Karena konten yang sering diposting, relevan bagi pembaca dan berisi informasi berharga dapat membantu meningkatkan lalu lintas situs web, peringkat mesin pencari, dan klik profil media sosial. Bukan saja blogging reguler membantu prospek terlibat dengan merek Anda, tetapi juga membantu menunjukkan bahwa Anda adalah bisnis atau merek yang berdedikasi dengan kehadiran online yang aktif.

Webinar dan acara online: Sederhananya, webinar adalah tutorial online atau acara berbicara seperti konferensi yang menyediakan konten pendidikan untuk prospek. Ini dapat berupa acara satu hari atau konten yang tersedia di situs web Anda di mana Anda dapat menunjukkan keahlian Anda dalam industri Anda. Saat Anda mengembangkan webinar atau menjadi tuan rumah acara daring, prospek dapat memberikan “wajah” pada merek Anda dan lebih jauh membangun koneksi mereka dengan layanan atau produk yang Anda sediakan. Seringkali, acara online dan webinar akan fokus pada topik atau masalah utama yang relevan dengan minat prospek ideal Anda. Mengalami masalah dengan topik webinar? Manfaatkan platform media sosial Anda dan buat survei cepat untuk bertanya kepada pengikut Anda topik apa yang paling mereka sukai untuk dipelajari lebih lanjut selama acara online langsung atau yang direkam.

Studi kasus dan testimoni: Baik dalam bentuk panjang atau paragraf pendek, studi kasus adalah alat yang luar biasa dalam membantu prospek memahami merek Anda dengan lebih baik. Seringkali, studi kasus akan menunjukkan masalah yang dialami klien sebelumnya, dan bagaimana Anda atau bisnis Anda membantu memberikan solusi yang dapat ditindaklanjuti.

Taktik pemasaran email: Penjualan digital tidak berhenti setelah pengguna memberikan email kepada Anda melalui formulir kontak di situs web Anda. Menurut Laporan Statistik Email, 2017-2021 yang diselesaikan oleh The Radicati Group, terdapat 3,7 miliar pengguna email secara global pada tahun 2017. Dengan jumlah pengguna yang demikian luas, pemasaran email mempertahankan kemampuannya untuk menjadi cara yang efektif untuk menjangkau dan terhubung dengan prospek yang ditargetkan . Dengan banyak penyedia distribusi buletin email yang hemat biaya, mengirim email dan buletin bermerek reguler untuk mengomunikasikan pembaruan, promosi, dan acara dengan audiens Anda membantu agar mereka tetap terlibat dan terhubung dengan merek Anda. Limitus menemukan bahwa 47% dari email terbuka terjadi di ponsel, dengan 36% di webmail dan 17% di perangkat desktop. Kemampuan untuk mengakses email di berbagai perangkat ini adalah bonus bagi penjual digital, karena ini memberikan peluang lebih besar bagi penerima klik-tayang ke tautan terlampir.

Konten media sosial: Untuk banyak merek, konten media sosial yang kreatif dan terawat baik telah menjadi bagian terpenting dari strategi penjualan digital mereka. Dengan lebih dari 1,13 miliar pengguna di Facebook setiap hari pada tahun 2016 seperti yang ditemukan oleh Statistica, kemampuan untuk membuat tayangan pertama dengan arahan, menghasilkan prospek berpotensi tinggi, dan mengarahkan mereka melalui corong penjualan dibuat lebih mudah diakses dengan kehadiran media sosial yang lengkap. Konten yang dibagikan di berbagai platform media sosial sangat penting untuk strategi penjualan digital yang sukses. Sebelum membagikan konten apa pun, lakukan riset dan temukan di platform apa mayoritas audiens target Anda menghabiskan waktu mereka. Jika Anda seorang fotografer pernikahan, Anda mungkin menemukan bahwa umpan Instagram lebih bermanfaat untuk membangun kesadaran merek daripada Twitter. Konten yang Anda bagikan di media sosial harus dapat ditindaklanjuti, berharga, dan relevan dengan kebutuhan audiens target Anda. Misalnya, bagikan tautan ke blog baru dan sebelumnya, studi kasus, dan konten pihak ketiga yang dikuratori dengan baik yang menunjukkan pemahaman Anda tentang kebutuhan dan minat audiens Anda. Untuk terhubung dengan cara yang lebih bermakna dengan konten media sosial Anda, luangkan waktu untuk secara teratur meninjau komentar, menjawab pertanyaan pelanggan apa pun secara tepat waktu, dan mendengarkan pengikut ketika mereka mengatakan ingin melihat lebih banyak konten pada topik tertentu.

3. Memanfaatkan Data dan Analisis untuk Mengoptimalkan Kinerja Penjualan Digital Anda

Penjual dan pemasar digital mengalami perubahan besar dalam cara mereka menafsirkan tindakan online dari audiens target mereka. Dengan masuknya data yang tersedia dari platform seperti Google Analytics dan opsi profil “bisnis” di banyak platform media sosial, orang-orang mendapatkan lebih banyak wawasan tentang keterlibatan merek dan kebutuhan prospek daripada sebelumnya.

Memanfaatkan data yang tersedia ini dapat membantu menciptakan strategi penjualan digital yang sukses. Ketika Anda mengetahui di mana prospek meninggalkan corong penjualan Anda, Anda dapat menganalisis dan mengoptimalkan corong penjualan online Anda untuk meningkatkan koneksi merek Anda. Penjual digital paling sukses memanfaatkan kekuatan data ini menggunakan alat intelijen untuk memahami bagaimana prospek menghabiskan waktu online mereka, mendorong produktivitas dan merampingkan bagaimana mereka dapat menjual merek mereka dengan cara yang bermakna.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>